Contoh Skripsi Fisika

Contoh Skripsi Fisika

BAB I PENDAHULUAN

1.1 ALASAN PEMILIHAN JUDUL

Kegiatan penyelidikan dalam fisika dapat diwujudkan dengan menggunakan kegiatan eksperimen, maupun kajian teoritis dengan selalu berdasarkan pada metode ilmiah. Dari rangkaian kegiatan itu akan dapat dihasilkan suatu kebenaran berupa konsep, asas, teorema ataupun hukum serta tetapan yang dapat diakui secara umum. Untuk keperluan pendidikan, pendekatan pengajaran fisika melalui penemuan merupakan strategi belajar mengajar yang menuntut peserta didik melakukan sesuatu agar selama proses belajar mengajar berlangsung dapat memahami konsep, asas, teori dan hukum-hukum fisika secara benar. Sehingga diharapkan peserta didik akan tertarik dalam mengembangkan minat dan kemampuan untuk mempelajari fisika secara mendalam.
Eksperimen adalah bagian yang tidak terpisahkan dari ilmu pengetahuan alam. Oleh karena itu, dalam pendidikan ilmu pengetahuan alam tentu saja kedudukan eksperimen sangat penting. Dengan demikian seorang guru dituntut mempunyai wawasan yang luas tentang pemilihan strategi belajar mengajar, sehingga memudahkan dalam mencapai tujuan pengajaran tersebut.

Dalam belajar fisika, khususnya peserta didik SMU kelas 1 dapat mempelajari beberapa gejala alam berdasarkan penemuan ilmiah. Salah satunya adalah mempelajari tentang massa jenis fluida. Fluida adalah zat yang dapat mengalir. Massa jenis adalah sifat karakteristik suatu bahan. Massa jenis suatu bahan r, didefinisikan sebagai massa persatuan volume :

... (1)

Secara umum, massa jenis zat tergantung pada faktor lingkungan seperti suhu dan tekanan.

Hampir semua zat akan memuai bila dipanaskan dan akan menyusut bila didinginkan. Dalams kehidupan sehari-hari kita dapat menjumpai pemanfaatan zat cair untuk berbagai keperluan misal oli, minyak tanah, minyak goreng, dan lain-lain. Salah satu zat cair yang pemanfaatannya berhubungan dengan proses pemanasan adalah oli. Oli adalah penopang utama dari kerja sebuah mesin, bahkan oli juga menentukan performa dan daya tahan mesin. Dari data Depperindag diperoleh data sampai Juli 2004 terdaftar 236 merek oli yang beredar di dalam negeri. Setiap merek tentu mempunyai beberapa spesifikasi khusus sesuai dengan kegunaannya sebagai pelumas mesin berkarakter tertentu. Beragam merek yang beredar tersebut memang membuat masyarakat sebagai konsumen memiliki banyak pilihan pelumas. Semakin banyak merek dipasaran persaingan antar produsen akan semakin ketat. Fungsi oli yang utama adalah untuk melumasi dan mengurangi gesekan antar komponen mesin, kemudian fungsinya meluas sebagai penyalur panas sehingga membuat mesin tidak over heat. Lebih jauh lagi sebagai pembersih mesin dari sisa pembakaran dan deposit senyawa karbon yang masuk dalam ruang bakar supaya tidak muncul endapan lumpur. Teknologi mesin yang terus berkembang menuntut kerja pelumas semakin lengkap, seperti penambahan anti karat dan anti foam.

SELENGKAPANYA MULAI DARI BAB 1 HINGGA BAB PENUTUP TERMASUK DAFTAR PUSTAKA SERTA LAMPIRAN SILAHKAN KUNJUNGI CONTOH SKRIPSI

Artikel Terkait :

Contoh Skripsi Ekonomi Syariah